Kenapa Mata Selalu Berkedip

Posted: 23 November 2015 in Health Book, Tips dan Trik

Tau Gak Kenapa Mata Harus Selalu Berkedip

image

Mata kita berkedip secara otomatis setiap beberapa detik. Selain itu, setiap kali ada objek atau cahaya datang ke arah mata kita, kelopak mata akan otomatis berkedip secara refleks. Tau Gak kenapa mata berkedip secara terus menerus tanpa kita sadari? Baca terus ya untuk mengetahui jawabannya. Mata kita berkedip berfungsi untuk meratakan air mata ke seluruh bagian mata. Air mata ini kaya akan oksigen yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata kita.

Selain itu, air mata juga berguna untuk menghalau kotoran yang ada di bola mata, terutama pada bagian kornea mata.Bola mata kita bisa mengalami iritasi ketika kering akibat terlalu lama menonton atau terlalu lama di depan monitor komputer. Ini karena mata terlalu lama terbuka, sehingga kandungan air di dalam mata menjadi kering. Inilah yang membuat mata mengalami iritasi dan membuat mata terasa perih. Frekuensi mata berkedip pada tiap orang ternyata berbeda-beda lho. Sebagian orang berkedip lebih sedikit dibanding yang lain, dan hal ini biasanya dipengaruhi oleh usia seseorang. Orang yang yang berusia senja biasanya kinerja kelopak matanya sudah berkurang. Inilah yang membuat mata mereka lebih sering berkedip untuk membuat bola mata tetap basah. Tidak seperti bayi yang menghabiskan banyak waktunya untuk tidur, yang membuat kondisi bola matanya selalu lembab.

Ada fakta unik tentang kedipan kelopak mata kita. Ketika kita sedang konsentrasi melihat sesuatu, kelopak mata kita bisa ‘lupa’ untuk berkedip seperti biasanya. Misalnya waktu kamu sedang asik bermain game atau sedang mengerjakan sesuatu di depan layar komputer.

Dan ini bisa membuat mata menjadi lebih mudah kering dan iritasi.Demikianlah penjelasan singkat kenapa mata kita selalu berkedip. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s