Inilah Alasan Larangan Mengejek Jomblo

Posted: 16 November 2015 in Tips dan Trik

image

Jomblo merupakan sebutan kekinian yang diberikan kepada pria atau wanita lajang yang belum memiliki kekasih. Pada masa kini, predikat sebagai jomblo dianggap cukup aneh, karena pada umumnya pria dan wanita memiliki pasangan.

Tak pelak, biasanya para jomblo akan mendapat ejekan, sebagian hanya sekedar bertanya, namun disertai nada yang bermaksud meledek. Sebagian lagi terang-terangan menyudutkan para wanita atau pria yang masih sendiri tersebut.

Namun, sebaiknya hindari mencela jomblo mulai sekarang. Selain akan menimbulkan perasaan sakit hati bagi mereka yang masih sendiri, masih banyak alasan lain kenapa anda dilarang mengejek mereka. Berikut rangkuman 10 alasan larangan mengejek jomblo.

1.  Sudah Ikhtiar, Namun Belum Bertemu Jodohnya
Orang lain tidak pernah tahu, bagaimana seorang yang masih sendiri sebenarnya juga berupaya keras menemukan jodohnya. Biasanya mereka sudah berusaha untuk difalisitasi keluarganya atau minta tolong ustadznya untuk mencarikan pasangan hidup. Namun karena belum bertemu jodohnya, mereka dianggap seperti betah hidup sendiri.

Ejekan jomblo tentu akan sangat menyakitkan jika dialamatkan kepada mereka yang sudah berusaha namun belum diberi pasangan ini. Terlebih jika ini menimpa kaum perempuan yang hatinya begitu lembut, sehingga ejekan tersebut akan manyakiti hatinya dan membuat mereka rendah diri.

2. Seandainya Dia Adalah Kita
Anda tentunya juga tidak ingin menjadi seorang jomblo bukan? Hal ini juga sama dialami oleh mereka-mereka yang saat ini masih sendiri. Jika melihat seseorang yang kini tengah sendiri, ada baiknya anda memposisikan diri jika jadi mereka. Pasti akan sangat sulit karena harus selalu menjawab pertanyaan dari orang banyak. Belum lagi, harus menghadapi ledekan orang lain yang semakin menyudutkan mereka

3. Melukai Hati
Sekilas ejekan kepada jomblo hanya sekedar penghibur dan ajang mengakrabkan diri dalam sebuah situasi. Namun, bagi mereka yang jomblo, ejekan ini bisa menimbulkan rasa sakit hati yang mendalam.

4. Haram Mencela
Mengejek atau mencela adalah sebuah perbuatan yang diharamkan. Bahkan dalam Islam, dijelaskan bahwa Allah SWT sangat melarang orang-orang yang mencela orang lain. Hal ini dijelaskan dalam surah Al-Hujarat ayat 11 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka…”

5. Bisa Jadi Ia Lebih Baik
Manusia tidak berhak menilai orang lain. Demikian juga dengan pandangan terhadap para jomblo ini. Bisa jadi mereka dipandang lebih baik dbanding orang-orang yang mencelanya. Mereka menghindari kebersamaan dengan bukan muhrimnya untuk menjaga diri dari perbuatan yang tidak diinginkan.

6.  Panggilan yang Buruk dan Tak Disukai
Panggilan Jomblo merupakan salah satu panggilan yang buruk terhadap kesendirian seseorang. Padahal di dalam agama, kita dilarang untuk menyebut orang dengan panggilan yang tidak mengenakkan tersebut. 

“…dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan…” (QS. Al Hujurat : 11)

7. Membuatnya Malu
Panggilan jomblo bisa membuat orang yang belum didekatkan jodoh ini merasa malu. Terlebih jika hal ini dilakukan di media sosial yang bisa dibaca banyak orang. Bisa saja ini menjatuhkan mental yang berakibat pada psikis mereka. Terlebih jika disertai dengan ejekan-ejekan.

8. Menjatuhkannya
Mungkin kita beralasan, teman kita tidak sakit hati dan tidak malu ketika kita meledeknya jomblo. Bahkan dengan disertai ejekan sekalipun. Kalaupun dia tidak sakit hati dan tidak malu, bisa jadi harga dirinya jatuh saat banyak orang berpikir, “pemuda ini jadi bahan olok-olokan di media sosial ternyata.” Bisa jadi yang melihat di media sosial dan menilainya itu adalah teman, adik kelas, dosen atau bahkan bakal calon mertuanya. Bisa fatal dampaknya, bukan?!

9. Dulu Kita Pernah Jomblo
Sebelum akhirnya memiliki pasangan seperti sekarang, anda pasti pernah mengalami masa yang penuh kesendirian dan penantian. Tidak mudah menemukan pasangan yang tepat, tidak mudah pula seseorang datang dengan sifat dan karakter yang kita inginkan. Semua butuh proses yang lama yang pastinya membuat sedih ketika menunggu. Hal inilah yang dialami para jomblo. Mereka sebenarnya juga ingin seperti anda sekarang ini, namun tengah menjalani proses seperti yang anda rasakan dahulu. Jadi sebaiknya anda menghargai proses yang sedang mereka jalani layaknya orang lain yang dulu juga menghargai anda ketika jomblo. 

10. Ingat, Mungkin Kita Akan Jomblo Lagi
Nah ini lah mengapa kita tidak boleh mengejek orang lain. Pasalnya bisa saja anda mengalami kejombloan kembali karena tidak ada yang tahu bagaimana rahasia jodoh. Lihatlah orang-orang di sekeliling kita. Ada laki-laki yang ditinggal mati istrinya. Ada perempuan yang ditinggal mati suaminya. Ada yang sudah sangat tua baru pasangan hidupnya tiada. Ada juga yang masih muda, pasangan hidupnya sudah tiada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s