Mencuci Piring Ternyata Bisa Membersihkan Pikiran

Posted: 15 November 2015 in Health Book

image

Mencuci piring merupakan pekerjaan sehari-hari yang bisa dilakukan. Akan tetapi tidak banyak orang yang senang melakukannya dan menganggapnya menyusahkan. Jadi apakah Anda termasuk orang yang malas membersihkan dan mencuci piring Anda setelah makan? Jika iya, sebaiknya Anda pikirkan lagi hal itu.

Dilansir dari Wall Street Journal, sebuah penelitian menyatakan bahwa mencuci piring dapat membantu membersihkan dan mencerahkan pikiran dari berbagai hal yang mengganggu. Ketika mencuci piring, maka pikiran seseorang akan terfokus pada bau sabun dan sentuhan terhadap piring dan alat makan lainnya. Hal itu secara signifikan akan menurunkan ketegangan dan meningkatkan rangsang otak terhadap pengendalian diri.

Melakukan kegiatan cuci piring secara perlahan juga dapat meningkatkan rasa senang dan membuatnya bertahan lama. Mencuci piring terutama dengan perlahan dan sepenuh hati dapat memberi kedamaian di dalam hati. Efek yang dihasilkan dari kegiatan ini sama seperti efek yang ditimbulkan dari meditasi.

Penelitian yang dilakukan di Florida State University ini dilakukan oleh 51 partisipan. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa mencuci piring dapat menurunkan ketegangan hingga 23 persen serta kondisi mental juga meningkat sebanyak 25 persen.

Mencuci piring merupakan sebuah terapi pikiran yang mudah dan murah untuk dilakukan. Jadi mulai sekarang, jika Anda memiliki banyak pikiran sebaiknya obati pikiran Anda dengan mencuci piring.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s