BAHAYA!!!! Jangan Minum Air Putih Sehabis Makan

Posted: 15 November 2015 in Health Book

-BAHAYA!!!! Jangan Minum Air Putih Sehabis Makan- 😱😱😱

image

Mayoritas kita seringkali meminum air putih setelah makan atau disela-sela saat makan. Tahukah kamu, ternyata kebiasaan tersebut kurang baik dilakukan. Menurut penelitian, minum air putih saat makan dapat menghambat pencernaan makanan di dalam perut.
Saat kita makan, sistem pencernaan makanan akan mengeluarkan enzim sebagai refleks perlindungan tubuh terhadap makanan yang merupakan zat-zat asing (tidak dihasilkan secara alami di dalam tubuh). Enzim berfungsi untuk memecah molekul-molekul kompleks makanan menjadi molekul-molekul sederhana atau sari-sari makanan.
Saat mengunyah makanan, mulut akan menghasilkan enzim amilase yang akan membantu dalam penghancuran makanan sehingga kerja lambung menjadi lebih ringan. Setelah ditelan, makanan kemudian akan bercampur dengan berbagai enzim dalam sistem pencernaan hingga didapatkan sari-sari makanan yang kemudian diserap sebagai nutrisi bagi tubuh.
Namun, akibat mengonsumsi air putih saat makan atau sehabis makan dalam jumlah banyak justru akan menyebabkan kerja enzim terhambat karena enzim yang seharusnya berikatan dengan makanan menjadi terpisah akibat adanya air yang melarutkan. Meminum air putih tersebut dapat menyebabkan gesekan antara makanan dan organ percernaan akibat gerak makanan yang terlalu cepat sehingga menimbulkan radang atau iritasi organ.
Asam lambung yang telah disiapkan sesuai konsentrasi yang dibutuhkan untuk mengolah makanan menjadi lebih encer karena bercampur dengan air. Hal ini memaksa lambung untuk memproduksi asam berlebih. Akibatnya, timbullah penyakit lambung (sakit maag). Selain itu, minum air sehabis makan dapat meningkatkan kadar insulin. Semakin tinggi kadar insulin maka semakin tinggi risiko kita menyimpan lemak di dalam tubuh.
Supaya kita dapat menghindari minum air putih saat makan, sebaiknya kita tidak mengonsumsi makanan yang asin karena dapat meningkatkan rasa haus. Selain itu, kita tidak boleh buru-buru menelan makanan karena membuat makanan terasa nyangkut di kerongkongan sehingga kita terpaksa membutuhkan air untuk menurunkan makanan terebut. Oleh karena itu, kunyahlah makanan berulang-ulang hingga dirasa cukup halus sebelum ditelan. Selain memicu produksi enzim, mengunyah juga meringankan kerja organ-organ pencernaan makanan lainnya.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Boleh di bagikan info bermanfaat ini kepada orang yang kita sayangi ❤

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s