LEBIH TAHU FILE LOG – MENGENAL FILE LOG [.LOG]

Posted: 12 November 2015 in Komputer dan Programer, Setting Bios Laptop / PC, Windows 7, windows 8, Windows XP

Discription 

Log-File [ file.LOG ] adalah sebuah file yang berisi daftar tindakan, kejadian (aktivitas) yang telah terjadi didalam suatu sistem computer. Sebagai contoh, server web memiliki daftar log file untuk setiap permintaan (request) dari browser yang ditujukan kepada server. Dengan perangkat Log file analizer, dimungkinkan untuk mengetahui berbagai hal seperti dari mana pengunjung berasal, seberapa sering mereka kembali, dan bagaimana mereka menavigasi menuju situs web tersebut. Termasuk didalamnya adalah data cookies (yang termasuk sebuah log-file) yang memungkinkan Webmaster untuk mendapatkan informasi lebih rinci tentang setiap pengguna yang mengakses suatu situs.
Maintenance  
Dalam kaitannya dengan suatu Sistem Operasi (Windows) Log-file dihasilkan oleh sistem untuk membantu user dalam usaha mengatasi hal hal yang ber potensi menimbulkan masalah, ataupun melacak dan mengatasi masalah yg sudah atau sedang terjadi, baik itu masalah keamanan atau sesuatu yang lain, karena log-file memuat laporan rinci tentang semua aktivitas computer yang ada.
Dari sisi ini Log-file juga memiliki kegunaan, terutama bagi para teknisi computer, dengan mempelajari isi dari log-file, akan dapat diketahui letak suatu permasalahan yang muncul dalam computer.
Banyak jenis log-file yang hanya dapat dibaca dengan ijin-masuk (permission access) tertentu. Sebagai contoh, Security Event log file (self) hanya dapat dibaca oleh administrator sistem.
Sedangkan Log yang dibuat oleh aplikasi lain, seperti log file dari software seperti HijackThis misalnya, dapat dibaca oleh semua kelompok user.
Pada umumnya, Log-file bisa dibuka/ dibaca menggunakan text-editor sederhana seperti NotePad.exe, atau WordPad.exe, sementara beberapa jenis harus menggunakan cara khusus.
Security 
Bila Anda terhubung ke Internet, melakukan pencarian, menginstal perangkat lunak, dan sebagainya, Windows  mencipta kan banyak file log di root-direktori pada Boot drive [ C\: ] anda, dan juga pada direktori Windows. File-file log berisi banyak informasi tentang kegiatan Anda: tanggal, file, hasil, error/success-note, dll. Ini dikenal dengan Temporary Internet Files (TIF), yang juga akan menjadi sampah didalam computer. Jumlahnya cepat sekali menjadi banyak, sesuai aktivitas kita dalam browsing internet.
Dari aspek security, sangat disarankan agar Anda menghapus log-file, karena siapapun dapat meng-ekstrak informasi yang merupakan catatan aktivitas pribadi anda selama menggunakan sistem/pc. Catatan yang ada didalam log-file ini bisa menjadi sebuah bukti (evidence) dari aktivitas anda.
Ketika Anda bekerja dengan PC Anda, semua informasi aktivitas disimpan dalam berbagai log-file dan didalam file registry Windows. Semua gambar yang telah Anda lihat di Internet, semua password, dan semua nomor rekening bank yang Anda gunakan, dan informasi rinci lainnya, dapat dengan mudah di-ekstrak (dibongkar) dari PC Anda oleh setiap orang, yang bahkan dengan pengetahuan komputer yang minimal sekalipun. Dan hal ini dapat dengan mudah dilakukan dari luar computer Anda, serta tanpa sepengetahuan Anda.
Barangkali Anda biasa menghapus file Anda menggunakan perintah [Delete], Windows tidak benar-benar menghapus file tapi menempatkan mereka ke folder RECYCLER (bukan RecycleBin) yang tersembunyi (hidden), dan bahkan jika Anda menggunakan perintah Empty Recycle Bin, beberapa file tertentu masih tinggal/ada di folder ini, dan tidak dapat dihapus oleh Windows!
Software Utility ?  Dari pengalaman saya, banyak yang tidakmelakukan sampai level ini. Jadi, meskipun anda merasa sudah menghapus tuntas, masih ada kemungkinan bahwa orang lain masih bisa mendapatkan rincian aktivitas pribadi anda didalam sistem/pc. Nah, dari aspek sekuriti cukup rawan, kan ?
Performance 
 aspek performa (kinerja) sistem/pc, karena log-file selalu dibuat, baik oleh sistem operasi (Windows) maupun oleh software aplikasi, maka jumlah nya dari hari ke hari akan menjadi sangat banyak dan menyita ruang drive sistem. Hal ini pasti menjadi sebuah “kerugian” dalam sisi storage (ruang penyimpan/ harddisk).
Padahal sebagian besar log file tsb sudah tidak akan berguna lagi pada event berikutnya, alias menjadi sampah digital.
Beberapa software (yang baik) akan otomatis menghapus log-file yang telah dibuatnya bila software tersebut di-close, tetapi kebanyakan software tidak demikian, artinya setiap kali software ini digunakan juga akan meninggalkan sampah.
Sehubungan dengan hal ini, cermatlah memilih suatu software untuk sistem/pc Anda. Jangan jangan anda hanya meng-koleksi trash-machine belaka. Bisa dibayangkan sebuah rumah yang penuh dengan sampah, pasti tidak nyaman (dan tidak sehat) untuk dihuni, bukan ?.
Menghapus file log Windows
Karena munculnya log-file tidak mungkin dicegah, yang bisa kita lakukan adalah menghapusnya semaksimal mungkin dari computer kita. Yang saya ketahui, paling efisien (murah) dan efektif (tuntas) adalah dengan menghapusnya secara manual, tetapi hal ini memerlukan waktu serta pengetahuan yg cukup tentang sistem (operasi), faktanya kebanyakan dari kita tidak memiliki waktu untuk hal itu. Mempercayakan hal ini pada sebuah software utility (yang baik) adalah sebuah tindakan bijaksana, yang akan sangat menghemat waktu kita.
Beberapa (free) software utility bisa melakukan seperti yang diharapkan, sesuai hasil “test” yang saya lakukan pada berbagai platform (Windows). Beberapa diantaranya ada didalam halaman Computer – Software website ini (mastokkenari/admin dan website ini tidak berafiliasi pada satupun dari software yang direview disini).
Program program ini memungkinkan Anda menghancurkan semua informasi aktivitas tersembunyi yang tidak perlu  disimpan, dan berpotensi mengandung bukti serta (mungkin) “membahayakan” Anda, dan juga menghapus file temporary yang  ditinggalkan oleh sistem anda, sehingga bersih dan computer mampu berjalan lebih cepat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s