Cara Mengatur Password Bios Laptop dan Komputer

Posted: 12 November 2015 in Komputer dan Programer, Setting Bios Laptop / PC
Apa jadinya BIOS Kompi kita terpassword dan kita lupa passwordnya…..???
Di bawah ini ada beberapa cara “ngakalin” buka password BIOS…
1. Pake password RAHASIA Pabrik.
Password Rahasia BIOS merk Award:

ALFAROME ALLy aLLy aLLY ALLY aPAf _award AWARD_SW AWARD?Software AWARD Software AWARD PW AWKWARD awkward BIOSTAR CONCAT CONDO Condo d8on djonet HLT J64 J256 J262 j332 j322 KDD Lkwpeter LKWPETER PINT pint SER SKY_FOX SYXZ syxz shift + syxz TTPTHA ZAAADA ZBAAACA ZJAAADC 01322222
589589 589721 595595 598598

AMI BIOS:

AMI AAAMMMIII BIOS PASSWORD HEWITT RAND AMI?Software AMI_SW LKWPETER A.M.I. CONDO

PHOENIX BIOS:

phoenix, PHOENIX, CMOS, BIOS

Password Umum lainnya:

ALFAROME BIOSTAR biostar biosstar CMOS cmos LKWPETER lkwpeter setup SETUP Syxz Wodj

Password BIOS lainnya berdasarkan pabrikan pembuatnya.

Manufacturer: Password
VOBIS & IBM: merlin
Dell: Dell
Biostar: Biostar
Compaq: Compaq
Enox: xo11nE
Epox: central
Freetech: Posterie
IWill: iwill
Jetway” spooml
Packard: Bell bell9
QDI: QDI
Siemens: SKY_FOX
TMC: BIGO
Toshiba: Toshiba

TOSHIBA BIOS
Kebanyakan laptop Toshiba dan beberapa dekstop akan melewatkan password BIOS jika tombol shift kiri di tekan selama waktu booting

IBM APTIVA BIOS
Tekan kedua tombol mouse secara berulang-ulang selama booting

2. Pake Software Craking Password

Software2 berikut dapat Anda gunakan untuk meng-krack atau me-reset BIOS dari berbagai macam chipset. Jika PC Anda terkunci dengan sebuah password Administrator BIOS yang tidak mengijinkan Anda mengakses floppy drive, utilitas2 ini mungkin tidak bisa Anda gunakan. Begitu juga, dikarenakan utilitas2 ini tidak berasa dari pabrikan pembuatnya, gunakan mere secara hati2 dan silakan tanggung resikonya oleh diri Anda sendiri.

– Cmos password recovery tools 3.1
– !BIOS (dapatkan artikel mengenai bagaimana cara penggunannya)
– RemPass
– KILLCMOS

Menggunakan jumper “Clear CMOS” pada motherboard atau men-dipswitch settingan

Banyak dari fitur2 motherboard (disingkat mobo) serangkaian jumper atau dipswitch yang dapat membersihkan CMOS dan menghapus semua settingan di dalamnya termasuk password BIOS. Lokasi dari jumper/dipswitch ini bermacam-macam tergantung pada pabrikan mobonya dan sebaiknya Anda melihat dokumentasi dari pabrikan komputer atau mobo tersebut. Jika dokumentasinya tidak tersedia, jumper/dipswitch kadang2 dapat Anda temukan di pinggiran mobo, di dekat baterai CMOS, atau dekat prosesor. Beberapa pabrikan memberikan nama jumper/dipswitch dengan tulisan CLEAR – CLEAR CMOS – CLR – CLRPWD – PASSWD – PASSWORD – PWD. Pada komputer laptop, dipswitch ini dapat ditemukan di bagian bawah keyboard atau di dalam bagian bawah laptop.

Mohon diingat agar selalu mencabut kabel power (listrk) PC Anda dan gunakan alas kaki sebelum menyentuh bagian2 dalam komputer Anda (meliputi mobo). Setelah Anda menemukan jumper/dipswitch dan mengambil jumper tersebut, silakan menyalakan komputer Anda dapat diperiksa apakah password sudah kosong. Jika sudah, matikan komputer dan pasang lagi jumper /dipswitch tadi ke tempatnya semula.

3. Mengambil baterai CMOS

Pengaturan CMOS pada kebanyakan sistem di simpan sementara pada buffer oleh baterai kecil yang ditancapkan pada motherboard (disingkat mobo), mirip baterai jam tangan yang kecil. Jika Anda telah mematikan PC dan mencabut baterainya selama kurang lebih 10-15 menit, CMOS akan me-reset dirinya sendiri dan password akan kosong. (Begitu juga dengan pengaturan pada mesin2 tertentu, yakinkan bahwa Anda sudah mengenal cara2 konfigurasi ulang secara manual dalam pengaturan BIOS sebelum Anda melakukannya). Beberapa pabrikan mem-backup (membuat cadangan) energi (power) ke dalam chipset CMOS dengan menggunakan sebuah kapasitor, jadi jika usaha pertama Anda gagal, biarkan baterai Anda selama kurang lebih 24 jam. Beberapa baterai disolder (penempelan dengan semacam timah/logam cair) ke mobo Anda sehingga membuat tugas ini semakin sulit. Membuka solder baterai secara tidak tepat dapat merusak mobo Anda dan komponen2 lainnya, jadi mohon untuk tidak melakukannya jika Anda tidak berpengalaman. Pilihan lainnya adalah mencabut sementara chip CMOS dari mobo dalam jangka waktu tertentu.

CATATAN: Pencabutan baterai untuk me-reset CMOS tidak berjalan mulus pada setiap PC, dan kebanyakan laptop2 terbaru menyimpan password BIOS dalam cara yang tidak membutuhkan power secara berkelanjutan, jadi pencabutan baterai CMOS mungkin tidak berguna sama sekali. Laptop IBM Thinkpad mengunci hard drive sebagaimana BIOS ketika password Supervisor diisi. Jika Anda me-reset password BIOS, namun tidak bisa me-reset password hard drive, Anda mungkin tidak bisa mengakses hard drive tersebut dan dia akan tetap terkunci, bahkan jika Anda letakkan hard drive tersebut di laptop baru/ IBM Thinkpads mempunyai jumper switch khusus pada mobo, dan inilah yang seharusnya digunakan untuk me-reset sistem.

4. Overloading the KeyBoard Buffer

Pada beberapa sistem komputer, Anda dapat memaksakan CMOS untuk memasuki layar etup saat boot dengan melakukan overloading pada buffer keyboard. Hal ini dapat dilakukan dengan mem-booting komputer Anda dengan cara keyboard dan mouse tidak tertancap pada sistem, atau pada beberapa sistem dengan menekan tombol ESC melebihi 100 kali dalam waktu yang cepat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s