Paduan Langkah-Langkah Cara Membuat Blog di Blogspot [Blogger] Ke-2

Posted: 6 Januari 2009 in Paduan Langkah-Langkah Cara Belajar Blog di Blogspot [Blogger]

Cara Membuat Blog di Blogspot [Mengisi Artikel]

Posting ini merupakan lanjutan dari posting artikel saya terdahulu tentang cara membuat blog di blogspot untuk pertama kalinya [mendaftar dan membuat]. Nah kalau posting yang ini tentang mengisi blog yang telah kamu buat dengan artikel-artikel buatan kamu sendiri, mengisi di artikel yang saya bahas di sini bukan hanya mengisi tulisan-tulisan saja, tetapi juga mengisi blog dengan gambar-gambar untuk melengkapi artikel yang berupa tulisan atau naskah teks. Dulu pada artikel yang pertama memang juga saya tuliskan tentang mengisi artikel, tetapi saya rasa kok terlalu singkat dan mungkin bagi orang-orang tertentu ada yang kurang mengerti, makanya saya buat posting khusus tentang cara mengisi artikel pada blog.

Dari sini untuk mengisi blog di blogspot dengan di ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

A. Yang pertama tentu saja login ke blogger dulu ya…. masuk ke http://www.blogger.com

B. Setelah login kemudian ada Menu Dahsboard Area, nah ini dia… untuk cara membuat blog. Lalu kamu klik Menu Posting Baru.

C. Biar lebih jelas lagi saya beri tahu fungsi masing-masing tool bar pada jendela posting.

Keterangan :
0. Kolom judul
1. Model huruf
2. Ukuran huruf
3. Format huruf tebal
4. Format huruf miring
5. Warna huruf
6. Menyisipkan link
7. Rata teks bagian kiri
8. Rata teks bagian tengah
9. Rata teks bagian kanan
10. Rata teks bagian kanan kiri
11. Penomoran
12. Bulet
13. Block quote
14. Penyetak tata bahasa [berlaku untuk bahasa inggris]
15. Menyisipkan gambar pada posting
16. Menyisipkan vidio pada posting
17. Menghapus format
18. Untuk memposting dan menyimpan artikel yang telah selesai di ketik
19. Untuk menyimpan tanpa memposting artikel
20. Tempat untuk menulis
21. Pilih posting – : di sediakan 2 pilihan, yaitu pilihan mengizinkan pengunjung untuk berkomentar dan pilhan tidak mengizinkan pengujung untuk berkomentar
22. Nama kategori posting

D. Mengisi artikel
Tulis judul artikel pada seperti no 1, kemudian tulisan artikelmu pada no 20, saya sarankan untuk menyelesaikan menulis artikel terlebih dahulu…. kalau sudah selesai tinggal memformat artikel kamu. Jika ingin mewarnai, menebalkan, atau mengatur posisi penataan teks, awali lah dengan mengeblog kalimat atas kata yang akan di format.

E. Menyisipkan gambar
Untuk menyisipkan gambar klik icon no 15. Setelah kamu klik di sini ada 2 macam cara mengambil gambar, pada jendela setelah kiri cara mengambil gambar dari komputer, dan pada jendela sebelah kanan mengambil gambar langsung dari alamat URL internet.

Untuk mengambil gambar dari komputer, klik menu browser. Kemudian pilihlah file gambar kamu yang akan di posting pada blog kamu dengan cara menge klik nya, setelah gambar di klik, kemudian klik open.

Setelah klik open selanjutnya pilih model peletaan gambar pada teks, dalam hal ini ada 4 macam model peletaan gambar pada teks : tak satu pun, kiri, kanan dan tengah.

Setelah memiliki model, berilah tanda centang pada kotak kecil sebelah kanan kata yang menyetujui persyaratan layanan dengan cara mengekliknya.

Kemudian klik upload gambar, jika kamu belum memberi tanda centak pada kotak di atas, maka menu upload gambar tidak dapat di klik, tidak user kwatir. Biasanya terjadi karena koneksi internet yang letak dan ukuran file yang terlalu besar. Coba klik menu mencoba untuk mengupload gambar lagi, jika menu upload anda berhasil maka tinggal klik menu selesai.

F. Jika artikel dan gambar telah selesai di buat tinggal mempublikasi atau menampilkan pada halaman blog. Cara klik menu publikasikan posting. Oh ya jangan lupa, sebelum mempublikasi posting beri nama dulu kategori artikel yang kamu buat, sesuai dengan tema artikelnya misalnya tentang islami, internet, pendidikan dan lain-lain.

Sumber : http://ridwanaz.com

Komentar
  1. salsa mengatakan:

    tolong dong kirim ke email saya cara mengisi cerita di blog, soalnya aq bar bikin blog jd kurang ngerti..tq

  2. Firman mengatakan:

    By from salsa

    Jika di pesan belum masuk baca disini saja

    Cara memposting artikel :
    1. Anda harus login terlebih dahulu setelah login anda menuju menu dahsboard area, lalu anda klik menu posting baru

    2. Setelah klik posting baru anda menuju ke menu cara mengisi artikel. Yang anda lakukan isi kolom judul yang sesuai dengan artikel anda, nama kategori posting dan tempat untuk menulis. Untuk nama kategori bisa anda tambah sendiri di menu kategori

    3. Setelah selesai mengedit atau memformat tilisan, di bawahnya kolom menulis artikel disediakan 2 pilihan posting yaitu mengijinkan berkomentar dan tidak mengijinkan berkomentar, pilih salah satunya.

    4. Setelah selesai semuan klik menu SIMPAN atau TERBITKAN

    Nah tu udah selesai buat artikel cerita

  3. […] Paduan Langkah-Langkah Cara Membuat Blog di Blogspot [Blogger] Ke-2 […]

  4. teddy mengatakan:

    saya teddy..
    saya tidak mengerti cara mengisi blog..
    saya hanya ingin menyampaikan hal tentang produk axis..
    pd tgl 27mei 2009,saya menelpon operator axis..
    karena saya ingin mengubah produk akrab axis..
    operator berbicara ditunggu saja sampai 1x24jam..
    setiap hari saya telepon,tetapi operator hanya berbicara “ditunggu saja”
    dan sampai hari ini,produk akrab axis saya tetap seperti yang dulu..
    dan suatu ketika pdhl tgl 28mei,saya berbicara dengan operator yang bernama AGAM (kalau tdk salah)
    ketika saya sedang menegor,org yang bersangkutan malah menutup telepon begitu saja..
    dan hal itu terjadi berulang kali..
    jujur saya kurang terima dengan sikap dia yang seenaknya mematikan telepon..
    ternyata axis mempunyai operator yang kurang sopan..
    mungkin mereka hanya lulusan SMA saja..
    makanya tidak mempunyai etika..
    semoga isi kata-kata ini bisa disampaikan kepada masyarakat agar memikir 2x untuk memakai produk axis..
    terima kasih..

  5. coach+resha mengatakan:

    thanks infonya…
    cuma mau tanya…
    kalo ngebikin file blog itu gmn?!(yg berdasarkan kategori ato judul)
    trs..
    ngebikin tulisan di blog ad “read more” itu gmn?!?!
    klhtnya pnya ane kepanjangan trs tu kl tulisane panjang2…
    kasian yg liat..

  6. yogi mengatakan:

    gma sh cara na q masih g ngerti tolong kasih tau y cara membuat agar blog kita jadi bagus

  7. aulia mengatakan:

    tolong dikirim ke email saya juga dong, saya masih sangat pemula

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s